Cool Blue Outer Glow Pointer

Thursday 12 November 2015

Belajar Membuat Privacy Policy di Blogger

Cara mudah membuat Privacy Policy
Privacy Policy

Apa itu privacy policy? Privacy policy atau jika dalam bahasa Indonesia berarti Kebijakan Privasi adalah suatu uraian penjelsan yang berisi aturan-aturan atau kebijakan dari pemilik/pengelola suatu blog. Privacy Policy ini dibuat dengan tujuan agar setiap pengunjung blog dapat mengetahui tentang aturan-aturan khususnya yang menyangkut privasi dari pengunjung dan pengelola blog itu sendiri. Pemasangan Privacy Policy dalam sebuah blog boleh dibilang sangat penting karena merupakan aspek pendukung kelengkapan sebuah blog agar terlihat profesional dan mengindikasikan blog tersebut dirawat dan dikelola secara kontinyu. Selain itu, Privacy Policy pada sebuah blog menjadi penting adanya karena juga merupakan syarat juga jika blog tersebut hendak didaftarkan ke program penerbitan iklan seperti Google Adsense atau program periklanan yang berbasis PPC lainnya, seperti kliksaya.com, Adchoice dll.

Dalam halaman privacy policy tentunya berisi aturan-aturan kebijakan yang berupa teks yang terdiri dari poin-poin tentang kebijakan tersebut. Sobat bisa saja membuatnya secara manual dengan kata-kata sendiri. Tapi pasti membutuhkan waktu agak lama, belum lagi memikirkan standar penulisan privacy policy yang baik itu seperti apa, lumayan nguras otak lah. Tapi jangan khawatir, saat ini sudah ada tool yang menyediakan pembuatan Privacy Policy secara online, atau biasa disebut juga Privacy Policy Generator.



Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Kunjungi Privacy Policy
2. Isi form yang ada sesuai dengan data blog sobat. Berikut saya contohkan.
3. Pada Tab Cookies, klik radio button pilih Yes, My site use cookies
4. Pada tab Advertiser on your site, sobat bisa pilih/centang Google Adsense jika memang nantinya blog sobat hendak didaftarkan ke program AdSense.
5. Setelah selesai, klik tombol Generate Policy



6. Tunggu beberapa saat setelah tombol Generate Policy diklik, maka akan muncul halaman baru yang berisi teks Privacy Policy blog sobat. tampilannya kira-kira seperti ini. Nah, teks inilah yang nantinya akan kita copy untuk dijadikan posting di halaman blog kita.


7. Copy seluruh teks Privacy Policy yang tampil. Masuk ke dashboard blog sobat. Buat halaman (static page) baru dengan memilih menu "Laman" dan klik Laman Baru.



8. Setelah muncul halaman posting beri judul "Privacy Policy" atau "Kebijakan Privacy" juga bisa. Kemudian paste/tempel teks Privacy Policy yang telah kita copy tadi di bagian posting mode Compose. Setelah selesai, jangan lupa klik "Publikasikan"



9. Dan selesai, sekarang blog sobat sudah memiliki halaman privacy policy sebagai elemen kelengkapan sebuah blog.

Sangat mudah bukan? Semoga artikel cara membuat read more pada blogger bermanfaat bagi anda.

SUMBER BLOG

Support :
Copyright © 2011. Bandung Lautan Api - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger